Searching...

6 Ide Kreatif Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

11:44 PM

Terkadang kita merasa ruangan di dalam rumah kita terasa sempit, sumpek dan kurang lega, padahal dari sisi ukuran rumah sudah tergolong besar. Dengan bertambahnya peralatan dan aksesoris di dalam ruangan, rumah yang semula terasa lega menjadi terasa sempit dan sumpek. Untuk mengatasi hal ini, sebagian orang berpikir untuk menambah ruangan baru baik dengan cara menambah lantai rumah atau dengan menambah bangunan baru. Renovasi rumah untuk menambah ruangan tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, menyita waktu yang cukup lama dan tentunya kenyamanan anda akan terganggu selama proses renovasi berlangsung.

Ruangan Bawah Tangga

Untuk mengatasi hal tadi, anda sebenarnya tidak harus merenovasi rumah untuk mendapatkan space atau ruangan baru yang lebih luas. Anda bisa memanfaatkan beberapa sudut rumah secara optimal. Salah satu sudut rumah yang bisa anda optimalkan penggunaannya antara lain ruangan di bawah tangga. Ya, ruangan dibawah tangga seringkali kita abaikan fungsinya. Hanya sekedar tempat menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, barang-barang bekas atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan ruangan di bawah tangga antara lain:

1. Ruang bawah tangga sebagai rak penyimpanan


Tips Ruangan Bawah Tangga

Ide Unik Ruangan Bawah Tangga

Adakalanya barang-barang yang jarang dipakai atau bahkan sudah tidak terpakai sama sekali membuat rumah terasa sumpek dan acak-acakan. Lemari tempat penyimpanan barang dan gudang sudah penuh terisi dan anda bingung dimana lagi meletakkan barang-barang yang tidak terpakai tersebut. Anda bisa menyulap ruang bawah tangga yang tidak terpakai menjadi lemari penyimpanan. Ruangan akan terasa lega dan rapi dengan lemari penyimpanan berpintu tertutup. Barang-barang yang tadi terlihat berantakan kini tidak akan tampak lagi.

2. Ruang bawah tangga sebagai lemari buku dan ruang baca

Ruang Baca di Ruangan Bawah Tangga


Lemari Buku di Ruangan Bawah Tangga

Rak Buku di Ruangan Bawah Tangga
Tempatkan meja kecil tempat membaca buku disamping lemari buku yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran ruang bawah tangga anda. Lengkapi dengan kursi desain minimalis agar ruang kecil terasa lebih luas. Anda juga bisa meletakkan hiasan meja berupa bunga atau aksesoris lain yang senada dengan warna dan ukuran meja.

3. Ruang bawah tangga sebagai kamar mandi


Kamar Mandi di Ruangan Bawah Tangga

Kamar mandi yang ada di rumah terasa kurang? biasanya jika penghuni rumah terdiri dari lebih dari 4 orang, kebutuhan akan kamar mandi juga bertambah. Terutama pada saat-saat semua orang sedang membutuhkan kamar mandi, seperti pada pagi hari dimana semua orang bergegas bersiap dengan aktifitasnya masing-masing. Menjadikan ruang bawah tangga sebagai kamar mandi tambahan membantu anda memenuhi kebutuhan kamar mandi untuk seluruh penghuni rumah.

4. Ruang bawah tangga sebagai ruang kerja mini

Ruang Kerja di Ruangan Bawah Tangga
Anda bisa menempatkan lemari kerja diruang bawah tangga. Tempatkan meja dengan ukuran tidak terlalu besar sesuai dengan ukuran ruangan. Gunakan kursi dengan desain minimalis agar terasa lega. Bentuk meja dan kursi yang sederhana namun berkelas sangat cocok ditempatkan di ruangan kecil di bawah tangga.

5. Ruang bawah tangga sebagai lemari pakaian

Lemari Pakaian di Ruangan Bawah Tangga

Lemari pakaian dengan penutup yang rapi dan solid akan terlihat elegan. dan anda kini tidak perlu bingung lagi dengan pakaian yang menumpuk di lemari pakaian lama.

6. Ruang bawah tangga sebagai dapur


Dapur di Ruangan Bawah Tangga

Ini ide yang bisa dikatakan paling unik. Bagaimana tidak, dapur mini terletak tepat di bawah tangga. Agak janggal mungkin, tapi begitulah, dapur mini tempat anda memasak atau sekedar meletakkan makanan atau minuman siap saji seperti kopi, teh atau sereal.

Selamat mencoba :)

0 comments:

Post a Comment