Searching...

Interior Rumah Minimalis: Ruang Tamu yang Elegan

10:08 AM
Ruang tamu minimalis

Interior rumah minimalis tidak memerlukan banyak variasi dekorasi yang rumit dan beragam. Seperti halnya interior pada ruangan-ruangan lainnya, interior ruang tamu pada rumah minimalis tidak memerlukan banyak ragam pernik interior. Cukup sedikit pernak-pernik yang simpel dan kompak ditempatkan di ruang tamu anda. Ruang tamu, satu ruangan mungil yang berfungsi untuk menerima tamu atau kunjungan dari saudara, tetangga, teman atau kerabat jauh yang datang berkunjung harus ditata sedemikian rupa agar terlihat elegan dan menyenangkan. Sesuai dengan fungsinya, ruang tamu harus memberikan rasa nyaman pada tamu-tamu yang datang berkunjung, agar mereka merasa betah di ruangan tersebut.


Ruang tamu minimalis elegan

Perlu kejelian dan kreativitas dalam mendekorasi ruangan tamu pada rumah minimalis. Karena biasanya ukuran ruangan yang kecil. Ruang tamu pada rumah minimalis biasanya berukuran antara 3x3 meter atau 3x4 meter. Proporsional dengan luas lahan dan pembagian ruang pada rumah minimalis tersebut. Kesalahan dalam mendekorasi ruang tamu akan membuat ruangan tersebut terasa tidak nyaman serta tidak elok dipandang. Tidak hanya tamu, kita sendiri sebagai pemilik rumah tentu tidak akan merasa betah berlama-lama di ruangan tersebut.


Interior ruang tamu minimalis

Pemilihan warna pada dinding sangat penting. Warna-warna cerah namun lembut akan memberikan kesan elegan pada ruangan. Penggunaan wallpaper pada dinding juga bisa anda pertimbangkan jika ingin memberi kesan mewah pada ruangan yang mungil. Pilihlah warna-warna yang lembut dengan motif yang simple dan tidak rumit. Motif simple dan warna yang cerah akan memberikan kesan lega pada ruangan tersebut. Anda juga bisa menambahkan hiasan pada dinding berupa gambar atau lukisan yang sepadan baik ukuran maupun tema gambar atau lukisan tersebut. Pernak-pernik yang mungil tetapi unik bisa anda letakkan pada meja sebagai hiasan.


Gambar ruang tamu minimalis

Pada bagian lantai anda bisa menggunakan granit tile atau keramik dengan ukuran 30x30 cm atau 40x40 cm agar ruangan terkesan luas. Hindari ukuran granit tile atau keramik yang terlalu besar semisal ukuran 60x60 cm. Pola ukuran besar hanya akan menambah kesan sempit pada ruangan tersebut. Jika ingin mendapatkan kesan mewah dan solid, anda bisa mencoba menggunakan lantai kayu atau parket pada ruang tamu anda. Penggunaan karpet yang tebal akan memberikan kesan hangat pada ruangan tersebut. Pada bagian langit-langit, pilihlah model lampu yang simple tetapi terlihat modern. Hindari lampu hias dengan motif klasik karena hanya akan mengaburkan konsep modern minimalis pada ruang tamu anda. Tinggi plafon usahakan tidak terlalu rendah. Minimal 3,5 meter dari lantai. Hal ini untuk memberikan kesan yang lega pada ruangan tersebut. Meskipun luas ruangan tidak terlalu besar, tetapi jika plafonnya cukup tinggi, kesan lega dan luas akan terasa pada ruangan mungil tersebut.


Desain ruang tamu minimalis

Pilihlah furniture yang tepat dan proporsional dengan ukuran ruangan anda. Kursi dari bahan kayu jati dengan sandaran yang tidak terlalu tebal akan memberikan kesan lega pada ruangan. Anda juga bisa memilih meja mungil dari bahan kayu jati dengan ketebalan diatas rata-rata. Kayu yang tebal akan memberikan kesan yang kokoh pada meja tersebut. Tetapi jika anda menyukai kursi jenis sofa, pilihlah sofa yang tidak terlalu tebal sandaran dan bagian pinggirannya. Tambahan puff untuk mengantisipasi jika tamu yang datang ke rumah cukup banyak. Puff bisa menjadi alternatif pilihan karena ukurannya yang relatif kecil tetapi terlihat modern dan elegan sehingga cocok ditempatkan pada ruangan tamu yang berukuran kecil.


Dekorasi ruang tamu minimalis
Terakhir, pilihlan gorden dengan warna yang matching dengan warna dinding. Warna seperti tosca, atau warna yang lebih gelap seperti coklat tua, gold atau coklat kopi bisa anda kombinasikan dengan motif yang simple. Sesuaikan ukuran dan pilihlah desain garden modern yang sesuai dengan konsep rumah minimalis anda.

Ruang tamu simple minimalis

Selamat mendekorasi ruang tamu anda :)

0 comments:

Post a Comment